Oleh: Pdt. Ayub Abner | September 5, 2007

Panggilan Tuhan Yang Tidak dapat di Tolak

(Kejadian 3:11,12; 4:1-2,10-11).

Apabila kita meneliti bagian-bagian Firman Tuhan di atas, maka terjadi dialog antar Musa dengan TUHAN. Dalam dialog tersebut, TUHAN memanggil Musa untuk menjadi hamba-Nya guna memimpin bangsa Israel keluar dari tanah Mesir . Akan tetapi Musa berusaha untuk menolak panggilan TUHAN dalam mewujudkan kehendak TUHAN tersebut. Maka ada tiga alasan yang dipergunakan Musa sebagai senjata untuk menolak :

1.  Pasal 3: 11.  Dirinya dipakai sebagai alasan penolakan. ( Tetapi Musa berkaata kepada Allah: “Siapakah aku ini, maka aku yang akan menghadap Firaun dan Membawa orang Israel keluar dari mesir?”).  Namun alasan ini TUHAN patahkan dengan Jawaban-Nya dalam Pasal 3:12 (Lalu firman-Nya: “Bukankah Aku akan menyertai engkau? Inilah tanda bagimu, bahwa Aku yang mengutus engkau: apabila engkau telah membawa bangsa itu keluar dari Mesir, maka kamu akan beribadah kepada Allah di gunung ini.”).  Pengertian  yang ditangkap dari jawaban TUHAN kepada Musa adalah bahwa ketika engkau melihat dirimu Musa sebagai standart kekuatan/kemampuan untuk menjalankan Tugas panggilan yang Aku embankan kepadamu Musa maka, engaku tidak dapat melakukannya, namun Kekuatan yang menjadi fondasi bagimu Musa dalam menjalankan tanggung jawab panggilan ini adalah “PenyertaanKu kepadamu Musa.  Musa melanjutkan dengan menggunakan alasan penolakan yang kedua.

2. Pasal 4: 1 Alasan kedua. Lingkungan yang akan di tuju, sebagai alasan penolakan. (Lalu sahut Musa: “Bagaimana jika mereka tidak percaya kepadaku dan tidak mendengarkan perkataanku, melainkan berkata: TUHAN tidak menampakkan diri kepadamu). TUHAN menjawab  musa dalam Pasal 4:2 (TUHAN berfirman kepadanya: “Apakah yang di tanganmu itu?” Jawab Musa: “Tongkat.”).  Jawaban Tuhan ini menunjukkan bahwa ketika Musa hadir ditengah-tengah bangsa Israel ada kuasa Allah yang menjadi bukti panggilan dan penugasan Allah bagi Musa dalam menjalankan Misi Allah.  Akan Tetapi alasan ini seakan-akan tidak cukup bagi Musa sehingga ia melanjutkan dengan alasan ketiga:

3. Pasal 4:10. TUHAN disalahkan, karena tidak menciptakan Musa dengan fasih lidah (Lalu kata Musa kepada TUHAN: “Ah, Tuhan, aku ini tidak pandai bicara, dahulupun tidak dan sejak Engkau berfirman kepada hamba-Mupun tidak, sebab aku berat mulut dan berat lidah.”). Jawaban TUHAN untuk Musa dalam pasal 4:11 (Tetapi TUHAN berfirman kepadanya: “Siapakah yang membuat lidah manusia, siapakah yang membuat orang bisu atau tuli, membuat orang melihat atau buta; bukankah Aku, yakni TUHAN?). Jawaban Tuhan memberikan pengertian bagi Musa bahwa hidup Musa berada dalam kedaulatan dan Kuasa Tuhan sehingga seharusnya tidak ada lagi alasan bagi Musa untuk menyalahkan TUHAN dalam hal ini, serta menolak panggilan TUHAN dalam menjalankan kehendak TUHAN.

Setelah ketiga alasan penolakan Musa dijawab tuntas oleh TUHAN barulah ia berangkat untuk menjalankan kehendak TUHAN.

Pelajaran apa yang perlu dipetik dari perenungan di atas:

1.  Seringkali manusia  memakai alasan kelemahan-kelemahan dirinya maupun orang lain menjadi kekuatan alasan untuk menolak menjalankan panggilan Tuhan dalam tugas yang akan dipercayakan kepadanya oleh Tuhan.

2. Alasan apapun yang dipergunakan untuk menolak panggilan Tuhan tidak dapat menggagalkan kehendak dan rencana Tuhan dalam menjalankan Misi-Nya. Sebab Kehendak Tuhan bersifat Mutlak dan kekal.

3. Keberhasilan  dalam menjalankan kehendak Tuhan bukan terletak pada siapa kita, atau sejauhmana kekuatan dan kepintaran kita, namun semuanya terletak kepada Penyertaan dan Kuasa Allah dalam pelayanan Kita.

Sehingga dapatlah disimpulkan bahwa ketika Panggilan Allah  ditujukan kepada kita maka tidak  perlu adanya banyak alasan untuk menolak, namun hanya satu pernyataan yang semestinya keluar dari hati kita melalui mulut kita yaitu “Aku siap dan Taat kepada Panggilan Mu TUHAN” sebab penyertaan dan kuasanya menjadi jaminan dalam penugasanku untuk mewujudkan misiNYa.

Salam kasih

Ayub Abner Mbuilima

About these ads

Responses

  1. Syalom……………..

    Maaf ya, saya minta tolong bantuan saudara/i
    untuk mencarikan di ALKITAB ayat di bawah ini:
    “Barang siapa membenci saudaranya, ia adalah
    pembunuh manuasia”.
    tertulis di ayat mana ya?

    Atas bantuannya sebelum dan sesudahnya
    saya ucapkan terimakasih.

    TUHAN YESUS MEMBERKATI

    Salam……..Risda

  2. 1Yoh. 3:15
    Setiap orang yang membenci saudaranya, adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu, bahwa tidak ada seorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal di dalam dirinya.

  3. Tolong dicarikan petikan ayat yang mengatakan “beruang dari kutub utara” di dalam alkitab.

    Terima kasih

  4. kata “beruang dari kutub utara” tidak ada dalam Alkitab, yang ada:

    Why. 13:2 “seperti kaki beruang”
    Am. 5:19 “seekor beruang mendatangi dia”
    Hos. 13:8 “seperti beruang yang kehilangan anak”
    Dan. 7:5 “rupanya seperti beruang”
    Rat. 3:10 “Laksana beruang Ia menghadang aku”
    Yes. 59:11 “Kami sekalian meraung seperti beruang”
    Ams. 28:15 “Seperti singa yang meraung atau beruang yang menyerbu”
    Ams. 17:12 “Lebih baik berjumpa dengan beruang betina yang kehilangan anak”
    1Sa. 17:34 “Apabila datang singa atau beruang”
    1Sa. 17:36 “Baik singa maupun beruang telah dihajar oleh hambamu ini”
    1Sa. 17:37 “TUHAN yang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu.”
    2Sa. 17:8 “Engkau tahu, bahwa ayahmu dan orang-orangnya adalah pahlawan, dan bahwa mereka sakit hati seperti beruang yang kehilangan anak di padang”
    2Raj. 2:24 “keluarlah dua ekor beruang dari hutan, lalu mencabik-cabik dari mereka empat puluh dua orang anak”

  5. nice artikel


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: